7 Cara Efektif Kontrol Stok Barang di Gudang Logistik

Senin, 26 Oktober 2020

7 Cara Efektif Kontrol Stok Barang di Gudang Logistik
Aktivitas mengontrol stok barang di gudang logistik sangat penting untuk kelangsungan perusahaan. Stok barang yang keluar masuk dapat dipantau dengan tepat, menghindari kesalahan pencatatan data, dan memaksimalkan kinerja perusahaan. Jika diartikan secara sederhana, kontrol stok barang di gudang logistik adalah aktivitas menerima, menyimpan, serta menyalurkan barang ke distributor kemudian ke retailer. Supaya praktiknya lebih mudah, berikut ini adalah beberapa tips yang diterapkan.

Penyediaan Gudang Berkualitas

Pastikan Anda memiliki unit gudang yang berkualitas. Dengan unit gudang yang bukan sekadar memadai, Anda sudah memiliki persiapan terbaik untuk praktik distribusi dan pemasaran secara profesional.

Manajemen Data yang Akurat

Salah satu kelemahan yang menyebabkan praktik manajemen operasional distribusi terhambat dan bahkan buyar adalah manajemen data. Banyak pelaku bisnis yang mengeluhkan sistem manajemen data yang akurat. Padahal, hal tersebut dapat dimungkinkan lewat cara yang efektif dan efisien. Seluruh barang yang masuk dan keluar akan dicatat secara ketat tanpa kecuali. Ke depannya, hal itu akan memudahkan praktik distribusi.

Membuat Forecast

Praktik bisnis mesti ditunjang oleh kesigapan dalam prediksi dan solusi, khususnya untuk ketersediaan stok barang. Jangan harap bisnis akan berjalan dengan lancar jika tidak membuat forecast inventory yang tepat. Batasi dalam periode tertentu dan lakukan perkiraan seberapa banyak stok yang mesti dibutuhkan untuk distribusi.

Selalu Mengecek Stok Barang

Pastikan Anda juga mengecek stok barang yang tersedia di gudang. Stok barang yang selalu siap akan memberikan nilai lebih di mata klien. Nanti akan ketemu juga stok barang mana yang kurang atau habis. Seringkali kejadian stok barang yang ternyata habis tetapi tidak disadari. Hal itu disebabkan tidak disiplin dalam mengecek stok barang di gudang.

Penggunaan Kode atau Label

Anda harus dapat memaksimalkan sistem pencatatan dengan penggunaan kode atau label. Sistem pencatatan ini tidaklah sulit. Anda dapat menugaskan karyawan terpercaya dengan keahliannya yang cermat untuk melakukan sortir barang sekaligus melakukan pencatatan akurat. Hal ini hanya dapat diterapkan secara manual. Oleh karena itu, jangan sampai lupa menerapkan sistem labelling di setiap stok barang yang dimiliki.

Rutin Melakukan Pencatatan

Pencatatan adalah kunci utama terjaminnya sistem manajemen data yang akurat dan efisien. Di dalam gudang, stok barang akan terus bertambah, dan di saat bersamaan juga mengalami pengurangan. Jika tidak melakukan pencatatan secara disiplin, mustahil akan mencapai target distribusi dan pemasaran yang terbaik.

Memisahkan Stok Lama dan Baru

Selalu pisahkan stok lama dan baru. Stok lama jika tidak lagi layak, sebaiknya dipindahkan saja. Khususnya jika stok tersebut berupa makanan atau minuman yang punya masa kedaluarsa. Bagaimana dengan tipe barang yang tidak punya masa tersebut? Bagaimanapun itu sama pentingnya karena setiap barang yang disimpan dalam gudang mengalami penyusutan.

Tips penting memisahkan stok lama dan baru ini dapat diterapkan berdasarkan periode tertentu. Lakukan pencatatan dari kapan stok tersebut masuk. Setelah melewati batas periode penyimpanan, cek kembali kondisinya apakah masih layak.

Demikianlah 7 cara efektif untuk mengontrol stok barang di gudang logistik. Untuk layanan jasa sewa atau pembelian gudang terbaik perusahaan Anda, silakan menghubungi Karawang Sentra BizHub. Jasa ini menjamin ketersediaan unit gudang terbaik untuk bisnis Anda. Anda juga akan lebih melakukan kontrol stok barang di gudang logistik. Layanan ini terbukti telah membantu banyak pelaku bisnis dalam mengembangkan distribusi dan pemasaran.