Tips Merawat Barang di Gudang

Senin, 12 Oktober 2020

Tips Merawat Barang di Gudang
Mengelola gudang sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah. Seiring perkembangan waktu dan bisnis yang dijalankan, stok barang tentunya makin bertambah. Sementara itu, pencatatan tidak boleh kendor. Harus ada sistem manajemen yang benar-benar efektif dan efisien diterapkan. Gudang selalu berhubungan langsung dengan praktik penjualan dan karena itulah sistem administrasi yang ideal mesti dijalankan. Berikut adalah beberapa tips merawat barang di gudang yang tidak boleh diabaikan.

Sistem Pencatatan yang Akurat

Kunci perawatan barang di gudang yang tepat adalah adanya penerapan sistem pencatatan informasi yang akurat. Anda harus dapat memastikan bahwa setiap barang yang masuk dan keluar selalu terekam dalam sistem pencatatan. Hal ini akan memudahkan operasional distribusi dan pemasaran, menjamin ketersediaan stok, serta menghindari kesalahan penerapan distribusi yang tidak efisien.

Penyimpanan Barang Sesuai Kategori

Pastikan Anda selalu menyimpan barang sesuai kategori. Hal ini sering jadi masalah yang awalnya tampak sepele, tetapi lama kelamaan berkembang jadi besar dan merepotkan manajemen gudang. Tidak disiplin dalam menyimpan stok barang merupakan penyebab utamanya. Maka dari itu, siapkan tempat sesuai kategori dari masing-masing stok barang yang akan disimpan.

Menyematkan Label di Barang

Hal ini hukumnya mutlak alias wajib. Selain ditempatkan sesuai kategori, setiap barang harus memiliki label keterangan. Cara ini akan membantu kecepatan pengelolaan dan distribusi barang hingga sampai ke klien. Selain itu, adanya label di setiap barang akan membantu memudahkan cara penyimpanan yang efektif dan efisien.

Sistem Inventory Forecast

Apa yang dimaksud dengan inventory forecast? Maksudnya adalah perkiraan kuantitas barang dalam periode tertentu. Penerapan sistem ini akan mencegah terjadinya kekosongan stok barang di dalam gudang. Memang akan sedikit menyulitkan saat harus melakukan prediksi kuantitas barang apalagi jika kondisi pasar cenderung kurang stabil. Namun, hal ini tetap harus ditetapkan supaya praktik bisnis Anda tidak berantakan hanya karena tidak menerapkan sistem pemantauan stok barang yang tepat.

Pengecekan Sebelum Penyimpanan

Setiap barang yang akan disimpan harus dicek dulu kelayakannya. Hal ini untuk menghindari adanya stok barang yang buruk kualitasnya dan ketika ada pemesanan malah ikut terbawa. Risikonya adalah reputasi yang tercoreng di mata klien. Oleh sebab itu, dibutuhkan tenaga yang tepat untuk mengamati secara detail setiap stok barang yang mau disimpan.

Pisahkan Stok Lama dan Baru

Hindari mencampurkan barang stok lama dan baru dalam satu tempat. Jika stok lama sudah tidak layak, tentunya harus segera dikeluarkan. Namun, jika sebenarnya masih layak atau tidak ada masalah, Anda pun tetap harus memisahkannya.

Menerapkan Sistem Keamanan Ketat

Bagaimana cara menerapkan sistem keamanan yang terbaik? Ada banyak pilihan di zaman yang semakin canggih ini. Selain mengandalkan SDM yang profesional, Anda dapat memasang kamera pemantau di beberapa titik demi keamanan dan kenyamanan bersama. Seluruh barang harus dipantau selama 24 jam dalam kondisi yang aman dan tidak ada kerusakan atau bahkan hilang.

Petugas Terpercaya

Jangan lupakan faktor ini karena petugas terpercaya berarti punya tanggung jawab. Meskipun sudah memiliki sistem teknologi memadai, tenaga manusia tetaplah dibutuhkan.

Itulah beberapa tips penting merawat barang di gudang untuk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan jasa pembelian atau penyewaan gudang terbaik, jangan ragu memilih KSB atau Karawang Sentra BizHub. Semua tips di atas akan dapat diterapkan secara maksimal jika Anda memiliki gudang terbaik seperti yang disediakan oleh KSB.