Wajib Tahu, Inilah Tips Mencegah Kebakaran pada Gudang Penyimpanan

Kamis, 12 Agustus 2021

Wajib Tahu, Inilah Tips Mencegah Kebakaran pada Gudang Penyimpanan
Kebakaran menjadi salah satu peristiwa yang banyak terjadi di Indonesia, hingga menjadi sebuah pemberitaan di berbagai media massa. Terdapat berbagai pemicu terjadinya kebakaran, biasanya adalah korsleting listrik, tabung gas yang meledak, hingga kabel yang mengelupas sehingga timbul percikan api. Apalagi gudang penyimpanan, khususnya yang menampung benda-benda mudah terbakar seperti kertas perlu pemantauan yang ekstra. Berikut adalah tips mencegah kebakaran pada gudang penyimpanan sebagai langkah pencegahan:

Penggunaan Material Bangunan yang Tak Mudah Terbakar
Untuk menyiasati agar gudang penyimpanan tak mudah terbakar adalah dengan menghindari penggunaan material bangunan seperti kayu dan plastik. Kedua material tersebut seringkali menjadi pemicu percikan api. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih gudang penyimpanan yang dirancang dengan material bangunan tidak mudah terbakar seperti gudang Karawang. Selain itu, hindari menumpuk barang yang mudah terbakar di dalam ruangan. Usahakan penataan kabel dijauhkan dari tempat yang dapat memicu api menjadi lebih besar. Penggunaan Perangkat Elektronik yang Berstandar Nasional/Internasional Perangkat listrik usahakan terpasang dengan baik dan jangan gunakan kabel paralel terlalu banyak untuk menghindari kabel yang berhimpitan agar tidak memicu percikan api. Jangan lupa menggunakan peralatan listrik yang sudah berstandar untuk menghindari hubungan arus pendek listrik serta merawat sistem kelistrikan secara berkala.

Baca Juga: Tips Ampuh Menjaga Sirkulasi Udara di Gudang Penyimpanan

Menggunakan Desain Anti Kebakaran
Desain yang digunakan menjadi salah satu tips mencegah kebakaran pada gudang penyimpanan selanjutnya karena bisa menjadi faktor yang penting. Pada dasarnya banyak sekali aktivitas yang akan dilakukan oleh para pegawai. Rancangan sistem ventilasi harus diperhitungkan dengan baik.

Penggunaan Pemadam Otomatis
Seiring berkembangnya zaman, banyak sekali jenis-jenis pemadam api yang dijual di pasaran. Berbeda dari jenis lainnya, pemadam api otomatis sangat fleksibel sehingga mampu diletakkan dimana saja sesuai kebutuhan. Didesain otomatis, mesin ini memadamkan api dengan sangat cepat tanpa bantuan manusia dan tak membutuhkan perawatan maupun isi ulang seperti alat pemadam konvensional.

Hindari Kebiasaan Merokok di dalam Ruangan
Kebiasan merokok seseorang tidak dapat disepelekan apalagi kalau sudah terbiasa merokok dalam ruangan, usahakan untuk tidak meninggalkan puntung rokok dalam keadaan masih menyala dan langsung buah pada tempat sampah atau asbak bila benar-benar sudah mati untuk menghindari penyebaran api.

Lima ulasan di atas merupakan tips mencegah kebakaran pada gudang penyimpanan yang bisa dilakukan. Usahakan untuk mengecek sistem kelistrikan secara berkala dan hindari membuang puntung rokok sembarangan.