5 Fakta Seputar Gedung Penyimpanan Arsip yang Jarang Diketahui

Senin, 02 Agustus 2021

5 Fakta Seputar Gedung Penyimpanan Arsip yang Jarang Diketahui
Arsip merupakan hal yang dikenal berperan penting dalam menandai adanya bukti atas suatu peristiwa atau kegiatan. Sebagai wadah penyimpanan agar arsip tersebut tidak luput dan hilang maka setiap daerah memiliki gedung penyimpanan arsip. Tentunya dengan adanya sebuah gedung yang khusus menyimpan arsip, ketersediaan informasi dalam arsip dapat didukung dengan fasilitas tersebut. Nah, berikut adalah 5 fakta seputar gedung penyimpanan arsip yang jarang diketahui:

Tersebar di Setiap Daerah
Jika kamu hanya mengenal Arsip Nasional Republik Indonesia atau ANRI, sebagai tempat menyimpan arsip-arsip negara sudah sepatutnya mengetahui bahwasanya setiap daerah memiliki gedung penyimpanan arsipnya masing-masing. Minimal terdapat satu gedung yang menyimpan arsip di tiap kota atau kabupaten di Indonesia.

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah Cara Menghindari Produk Rusak dalam Gudang

Penyimpanan Arsip
Tujuan utama dari adanya gedung penyimpanan arsip adalah untuk menyimpan arsip sesuai waktu yang sudah disepakati. Butuh ruang yang besar sebagai alokasi penyimpanan, dengan banyaknya jenis arsip harus disesuaikan dengan standar yang relevan, khususnya pada arsip audio visual, elektronik, hingga fotografi. Selain itu, masa simpan arsip berkisar dari 5 tahun dan untuk keuangan adalah 10 tahun. Untuk arsip yang akan dimusnahkan harus melalui teknis dan prosedur yang melibatkan pihak ketiga tak lupa persetujuan ANRI.

Fasilitas untuk Staff
Selain menjaga arsip agar tetap aman, fakta seputar gedung penyimpanan arsip lainnya yakni fasilitas yang diberikan untuk staff. Hal ini sangat penting agar mendapatkan tempat kerja yang nyaman sesuai standar yang diberlakukan oleh pemerintah maupun organisasi.

Dijadikan Obyek Wisata
Gedung-gedung penyimpanan arsip dikenal memiliki desain yang unik karena beberapa diantaranya merupakan bangunan lama yang dibangun pada masa kolonial. Jadi selain berfungsi sebagai ruang penyimpanan, gedung seperti ANRI juga dibuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Ada Gedung Arsip yang Overload
Banyaknya arsip yang masuk setiap hari diperkirakan bisa mencapai ribuan di tiap daerah. Maka dari itu penggunaan gedung arsip akan menjadi masalah apabila sudah tidak dapat menampungnya dan hal ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, alat scan yang digunakan pun juga terbatas sehingga menghambat proses penyimpanan arsip yang dianggap penting tersebut.

Itu tadi ulasan fakta seputar gedung penyimpanan arsip yang ada di Indonesia. Meskipun banyak gedung yang layak hingga dijadikan tempat objek wisata masih ada juga beberapa gedung di daerah yang kegunaannya sudah overload. Oleh karena itu, untuk menjaga arsip tetap aman dan bebas dari kerusakan diperlukan gudang yang layak, bersih, dan tertata dengan baik misalnya Karawang Sentra Bizhub.