Mengenal Lebih Dekat 5 Alat Bantu untuk Pergudangan

Kamis, 15 Juli 2021

Mengenal Lebih Dekat 5 Alat Bantu untuk Pergudangan
Dalam dunia pergudangan, Anda tentunya pernah atau bahkan sering melihat alat - alat pergudangan yang digunakan untuk membantu pekerja dalam mengangkut barang - barang berukuran besar, bukan? Dengan berbagai alat pergudangan ini, maka pekerjaan akan lebih cepat selesai dan keamanan barang lebih terjamin sehingga terhindar dari adanya kerusakan. Meski demikian, tahukah Anda mengenai apa saja alat - alat bantu untuk pergudangan itu sendiri. Nah, jika Anda belum tahu dan paham mengenai alat - alat tersebut, bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Hand Pallet

Merupakan salah satu dari sekian banyaknya alat - alat pergudangan yang didesain untuk memudahkan pekerja dalam memindahkan beban berat agar lebih menghemat waktu dan tenaga. Umumnya, alat ini menggunakan tenaga hidrolik dengan sistem pompa untuk bisa menaikan atau menurunkan beban yang diangkat nantinya. Adapun untuk kapasitas beban yang bisa diangkut yakni berkisar antara 1 ton hingga 5 ton.

Hand Stacker

Yakni suatu alat pergudangan yang berfungsi untuk memindahkan sekaligus dapat mengangkat beban dengan kapasitas dan tinggi angkat tertentu. Sama dengan hand pallet, alat ini juga menggunakan tenaga hidrolik dengan sistem pompa yang bisa dinaikkan dan diturunkan untuk memindahkan beban. Untuk kapasitas beban yang bisa diangkut dari hand stacker ini yakni berkisar antara 1 ton hingga 2 ton.

Baca Juga: 5 Cara Efektif Mengelola Persediaan Barang di Gudang

Forklift

Sebuah kendaraan alat angkut yang berguna untuk memindahkan barang berkapasitas besar baik di dalam ruangan (indoor) maupun di luar ruangan (outdoor). Untuk bisa menaik turunkan bebas, alat - alat pergudangan forklift ini dioperasikan secara electric serta bergerak dengan jarak yang cukup jauh. Alat yang sangat ramah lingkungan tanpa menimbulkan polusi udara ini mampu mengangkut bebas berkapasitas antara 1 ton hingga 10 ton.

Drum Handler

Adalah alat angkat khusus yang berguna untuk membantu melakukan kegiatan penataan drum. Alat ini memiliki cengkraman yang kuat sehingga dapat mengangkat drum baja yang berkapasitas besar. Sementara itu, kapasitas beban yang bisa diangkut oleh alat pergudangan drum handler ini yakni maksimal 350 kilogram saja.

Crane

Alat pergudangan yang terakhir adalah crane. Alat ini mampu mengangkat dan memindahkan berbagai barang-barang dengan kapasitas berat yang tidak mampu diangkut oleh perangkat gudang lainnya. Dengan kemampuan angkat yang besar dan bisa berputar hingga 360 derajat, membuat crane ini menjadi alat pergudangan misalnya di Karawang Sentra Bizhub yang mampu memudahkan pekerjaan pekerja lain di dalamnya.

Nah, itulah sekilas informasi bagi Anda mengenai alat - alat pergudangan yang digunakan pekerja dalam mengangkut barang - barang berkapasitas besar.