Kenali, 5 Jenis Gudang Penyimpanan dan Fungsinya

Kamis, 24 Juni 2021

Kenali, 5 Jenis Gudang Penyimpanan dan Fungsinya
Gudang merupakan elemen krusial dalam dunia bisnis yang terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda. Jenis gudang penyimpanan biasanya memiliki struktur yang mendukung pembongkaran truk muatan. Berikut ini lima jenis gudang penyimpanan beserta fungsinya yang perlu untuk Anda ketahui.

Jenis-jenis Gudang Penyimpanan dan Fungsinya

1. Gudang pribadi
Gudang pribadi merupakan jenis gudang penyimpanan yang digunakan oleh reseller untuk memudahkan proses distribusi barang. Suatu perusahaan biasanya memiliki gedung utama yang difungsikan sebagai gudang regional. Di dalam gudang inilah, pedagang grosir mengoperasikan barang untuk didistribusikan.

2. Gudang umum
Gudang umum biasanya digunakan untuk penyimpanan dan distribusi jangka pendek. Gudang umum kerap digunakan sebagai gudang tambahan oleh perusahaan yang telah memiliki gudang sendiri. Karena fungsinya sebagai gudang tambahan, maka perusahaan hanya perlu menyewa bangunan untuk dijadikan gudang umum.

3. Gudang otomatis
Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, jenis gudang penyimpanan ini dilengkapi dengan peralatan berteknologi canggih, seperti conveyor belt, untuk membantu operasional gudang. Berkat penggunaan alat-alat berteknologi tinggi, kebutuhan SDM di gudang otomatis dapat diminimalkan.

4. Gudang pusat distribusi
Sesuai dengan namanya, gudang jenis ini difungsikan sebagai pusat distribusi. Dengan kata lain, jenis gudang penyimpanan ini digunakan untuk menampung barang dalam jangka pendek sebelum didistribusikan ke pelanggan. Alur distribusi biasanya dilakukan pada malam hari.

5. Gudang cross docking
Gudang jenis ini difungsikan untuk memindahkan muatan antara satu truk dengan truk lainnya. Biasanya, gudang cross docking digunakan oleh jasa ekspedisi untuk proses pemindahan barang secara efisien. Jika dibandingkan dengan jenis gudang penyimpanan lainnya, gudang cross docking lebih murah biaya sewanya.

Itu tadi lima jenis gudang penyimpanan beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui. Selain lima gudang di atas, masih ada beberapa jenis gudang lainnya dengan fungsi yang beragam. Mulai dari gudang fulfillment yang digunakan untuk proses reverse logistic, gudang dengan pengaturan suhu, gudang transhipment, gudang pusat konsolidasi dan transit, dan masih banyak lagi.