5 Cara Mudah Menata Lanskap Gudang Penyimpanan

Senin, 14 Juni 2021

5 Cara Mudah Menata Lanskap Gudang Penyimpanan
Menata lanskap gudang perlu dilakukan agar area penyimpanan terlihat lebih rapi, sehingga lebih mudah dalam mengelola barang. Ada berbagai cara yang bisa Anda terapkan untuk menata landskap gudang logistik maupun gudang penyimpanan di rumah. Berikut ini cara mudah menata landskap gudang penyimpanan yang bisa Anda tiru.

Menata Lanskap Gudang Penyimpanan Agar Lebih Terorganisir

1. Manfaatkan lemari dan rak penyimpanan
Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menata lanskap gudang adalah memanfaatkan lemari dan rak penyimpanan. Penempatan lemari dan rak penyimpanan bertujuan agar barang tidak diletakkan secara sembarangan. Disamping itu, lemari dan rak penyimpanan akan memudahkan akses ketika ingin mengambil barang dan membuat area gudang menjadi lebih rapi, sehingga mudah untuk dibersihkan.

2. Pisahkan barang berdasarkan volume
Barang yang masuk ke dalam gudang penyimpanan harus dijaga sebaik mungkin agar kualitasnya tidak rusak. Sebab itulah, Anda perlu memisahkan barang berdasarkan volume. Untuk memastikan barang berukuran kecil tidak tertindih dan rusak, susunlah secara vertikal dengan meletakkan barang berat di bagian bawah. Selanjutnya, letakkan barang bervolume ringan pada bagian atas.

3. Kenali karakter barang di gudang penyimpanan
Cara mudah menata landskap gudang penyimpanan adalah dengan mengenali karakter barang di gudang. Biasanya, barang yang mudah pecah akan diberi label agar lebih mudah dikenali. Supaya barang di gudang penyimpanan tetap terjaga kualitasnya, kelompokkan barang berdasarkan karakternya, sehingga lebih mudah dikelola.

4. Gunakan wadah penyimpanan
Selain memanfaatkan lemari dan rak penyimpanan, Anda bisa menggunakan wadah penyimpanan untuk menata lanskap gudang. Wadah penyimpanan dapat digunakan untuk barang berukuran kecil agar lebih teratur dan rapi. Anda bisa menambahkan label pada kotak penyimpanan untuk memudahkan pencarian barang.

5. Beri jarak antara rak penyimpanan
Selanjutnya, berilah jarak antara rak penyimpanan berdasarkan kategorinya. Dengan memberi jarak, Anda bisa lebih mudah menemukan barang dan gudang pun terlihat lebih rapi. Hal ini juga berguna untuk mengantisipasi barang-barang tercampur.
Dengan cara mudah menata landskap gudang penyimpanan di atas, area gudang akan terlihat lebih enak dipandang mata dan barang tidak tercampur.