Kriteria Gudang yang Cocok untuk Logistik Beras

Senin, 05 April 2021

Kriteria Gudang yang Cocok untuk Logistik Beras
Beras adalah salah satu kebutuhan pokok yang sangat penting dan sebagai bahan makanan pokok. Oleh karena itu, ada beberapa pihak yang memiliki gudang logistik beras untuk pengadaan beras itu sendiri. Namun, apakah Anda tahu kalau dalam pemilihan gudang untuk logistik beras sendiri terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebenarnya di dalam pemilihan gudang yang tepat untuk logistik beras terdapat beberapa kriteria yang perlu diperhatikan agar nantinya beras tersebut dapat lebih awet dan tidak mudah rusak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan:

Gudang Harus Bersih

Gudang untuk menyimpan beras tentu saja harus terjaga kebersihannya. Hal tersebut karena berhubungan dengan bahan pangan sehingga harus tetap higenis. Oleh karena itu, salah satu kriteria dari gudang beras sendiri adalah harus bersih. Dalam artian bersih dari debu, kotoran atau bahkan hewan kotor seperti kecoak tikus dan lainnya. Semuanya harus terhindar dari hewan pengganggu tersebut.

Lokasi Strategis

Sebagai sebuah gudang penyimpanan beras tentunya membutuhkan lokasi yang strategis. Hal tersebut karena dengan lokasi yang strategis, tentu saja pendistribusian beras itu akan lebih mudah dan cepat karena jalan dan aksesnya akan lebih mudah.

Kondisi Ventilasi Gudang Bagus

Untuk menyimpan bahan pangan seperti beras ini, tentu saja membutuhkan sebuah ventilasi yang bagus karena sirkulasi udaranya juga harus baik. Hal ini berpengaruh dengan tingkat keawetan dari beras itu sendiri. Jika sirkulasi udaraya bagus, tentu saja beras tersebut akan lebih awet dan terhindar dari kutu ataupun hewan lainnya.

Gudang Harus Selalu Kering

Gudang sendiri dibuat untuk menyimpan beras sehingga kriteria dari gudang beras tentu saja kondisinya harus selalu kering dan juga tidak boleh lembab. Beras tersebut akan lebih aman dan lebih awet tentunya. Jadi, itulah beberapa kriteria yang perlu ada dalam sebuah gudang beras agar beras tersebut tetap awet dan tidak mudah terkena kutu. Dengan demikian, logistik beras tentunya akan lebih terjaga dan nantinya dapat didistribusikan dengan baik.