Tips Memilih Gudang yang Cocok dan Menguntungkan untuk Bisnis Anda

Selasa, 23 Maret 2021

Tips Memilih Gudang yang Cocok dan Menguntungkan untuk Bisnis Anda
Gudang adalah tempat khusus untuk menyimpan barang dengan jangka waktu yang ditentukan. Fungsi gudang sendiri juga adalah sebagai tempat distribusi serta mengkonsolidasi barang.

Sebuah perusahaan ataupun bidang usaha memang terkadang membutuhkan dukungan dari perusahaan pengadaan barang demi kebutuhan gudang. Penyimpanan produk pada jasa logistik untuk kebutuhan gudang. Selain itu, kebutuhan penyimpanan produk pada jasa logistik terkadang dibutuhkan karena tidak sebanding dengan luasnya penyimpanan barang yang sudah dimiliki.

Selain itu, perusahaan membutuhkan sebuah gudang untuk menyimpan barang dengan mengaplikasikan manajemen gudang dan penanganan distribusi ke beberapa agen. Agar nantinya bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam memilih gudang. Oleh karena itu, tentunya Anda harus tahu beberapa tips dalam memilih gudang yang cocok serta menguntungkan untuk bisnis yang sedang Anda jalankan. Berikut adalah tips yang dapat Anda perhatikan:

Memperhatikan Lokasi Gudang

Satu hal utama yang perlu Anda perhatikan tentu saja pemilihan lokasi. Hal tersebut karena pemilihan dari lokasi gudang yang strategis tentu saja sangat penting. Akses keluar masuk ke bagian gudang juga wajib mudah. Namun, sebelumnya Anda harus menentukan terlebih dulu apakah gudang tersebut dapat menyimpan barang dari hasil produksi ataupun bahan yang masih mentah.

Jika nantinya barang dari hasil produksi, Anda dapat mencari gudang yang lokasinya relatif dekat dengan lokasi pendistribusian. Jika barang tersebut merupakan bahan mentah, Anda dapat mencari gudang yang yang lokasinya dekat pabrik pengolahan. Jadi, ongkos untuk transportasi juga menjadi lebih hemat.

Perhatikan Konstruksi Bangunan

Anda perlu memilih gudang dengan kontruksi bangunan yang tepat. Anda harus teliti, karena konstruksi yang tepat merupakan konstruksi yang mempunyai pondasi bagian tiang pancang, tinggi dinding paling tidak 9 meter, lantai cor dengan wiremesh dan juga tinggi tombak layar juga setidaknya 11 meter.

Dengan demikian, gudang tersebut dapat dipakai untuk menambah rak yang dapat membantu untuk melakukan penyimpanan barang perusahaan Anda secara maksimal. Selain itu, pilih bangunan yang mempunyai green concept dimana konsep tersebut dilengkapi seng transparan untuk dapat memperoleh pencahayaan dari matahari secara alami.

Memperhatikan Sumber Tenaga Manusa yang Ada

Di dalam proses penyimpanan barang pada gudang tentu saja membutuhkan SDM yang profesional agar nantinya barang tersebut tidak rusak. Anda perlu memperhatikan gudang yang digunakan sudah mempersiapkan sistem manajemen gudang serta terdapat sumber tenaga manusia yang profesional.

Memperhatikan Pengembang/Developer

Dalam memilih gudang, Anda perlu mencari pengembang ataupun developer yang tepat serta bertanggung jawab. Agar dapat mengetahui hal tersebut, Anda dapat melihatnya dari riwayat yang dimiliki, pengalaman dengan beberapa proyek sebelumnya serta harus mempunyai margin error minim.

Melihat Harga Gudang

Selain itu, Anda juga perlu melihat dan mencermati harga gudang saat akan membelinya. Itu artinya, apakah sudah sesuai baik itu dilihat dari segi lokasi, kualitas bangunan, lingkungan dan apakah merupakan sebuah investasi pembelian gudang secara tepat. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena cukup sensitif dan harga juga menentukan kualitas dari gudang tersebut.

Jadi, itulah beberapa tips dalam memilih sebuah gudang yang cocok dan menguntungkan untuk bsinis Anda. Dengan memperhatikan beberapa tips tersebut, tentu saja Anda akan mendapatkan gudang yang tepat dan memberikan keuntungan untuk bisnis yang sedang dijalankan. Jadi, mulai sekarang, Anda tidak perlu bingung lagi mencari gudang yang tepat untuk perusahaan ataupun bisnis yang sedang Anda jalankan.