Kenali Perbedaan Manajemen Gudang dan Manajemen Persediaan

Senin, 08 Maret 2021

Kenali Perbedaan Manajemen Gudang dan Manajemen Persediaan
Tidak dapat dipungkiri jika masih banyak orang yang masih salah di dalam mengartikan manajemen gudang dan manajemen persediaan. Masih ada banyak yang beranggapan jika kedua hal tersebut merupakan suatu hal yang sama. Meskipun keduanya sering digunakan banyak perusahaan industri manufaktur serta distribusi secara bersamaan dan mempunyai banyak kesamaan, tetapi ada beberapa perbedaan mencolok di antara manajemen gudang dan manajemen persediaan.

Jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis, tentunya Anda harus menyadari serta paham akan perbedaan di antara dua hal tersebut. Menggunakan jenis sistem manajemen secara tepat untuk digunakan di dalam memantau persediaan dapat membantu meningkatkan profitabilitas serta efisiensi perusahaan Anda. Di sini, kita akan membahas mengenai perbedaan kedua hal tersebut.

Untuk manajemen gudang ini adalah berfungsi untuk mengontrol penyimpanan, perputaran produk dan stok bahan baku di gudang. Dapat pula diartikan sebuah tatanan untuk mengelola pergudangan serta pendistribusian beberapa barang agar yang tersimpan tetap dalam kondisi baik serta didistribusikan kepada konsumen maupun vendor dengan waktu, jumlah dan spesifikasi yang tepat.

Manajemen persediaan adalah sebuah kumpulan proses yang berhubungan dengan manajemen rantai pasok, mengontrol inventaris, perkiraan permintaan dan reverse logistic. Atau, dapat pula diartikan sebagai suatu bagian ataupun tahap pertama yang diambil sebelum menjalankan manajemen gudang.

Keduanya memang mempunyai perbedaan yang cukup banyak sehingga sebagai pemilik bisnis Anda harus tahu perbedaannya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Tingkat Kompleksitas

Salah satu perbedaan yang utama di antara kedua manajemen tersebut sebenarnya terletak pada kompleksitas. Sistem manajemen persediaan akan lebih sederhana karena sistem persediaan dapat memberikan Anda indikasi jumlah serta total stok yang dimiliki perusahaan untuk satu lokasi penyimpanan tertentu.

Sedangkan, untuk sistem manajemen gudang ini cenderung lebih kompleks dimana sistem dapat memungkinkan perusahaan untuk mengelola semua sistem penyimpanan yang ada di dalam semua gudang. Jadi, jika gudang tersebut mempunyai beberapa tempat penyimpanan dari produk yang sama, tentunya sistem manajemen gudang akan membantu untuk mengelola semuanya dengan baik.

Integrasi

untuk manjemen persediaan biasanya adalah sebuah langkah pertama di dalam semua proses yang terjadi dalam gudang tersebut. Sedangkan, manajemen gudang justru lebih terkait dengan aspek lain secara keseluruhan sistem manajemen yang berhubungan dengan pasokan produksi, penjualan serta distribusi dan manajemen kualitas. Hal tersebut menjadi bagian integral dari operasi yang berlangsung.

Kontrol

Dengan menggunakan manajemen persediaan, perusahaan dapat tahu jika mereka mempunyai produk tertentu di dalam stok serta kuantitasnya. Sedangkan manajemen gudang dapat membuat perusahaan menemukan lokasi dimana persediaan tersebut ditempatkan. Selain itu, manajemen gudang ini akan memberikan lebih banyak kontrol karena berisi lebih banyak informasi yang dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan beberapa tugas lain. Sebenarnya akan jauh lebih baik jika Anda dapat memadukan serta mengintegrasikan kedua sistem manajemen tersebut dalam permasalahan pemantauan stok serta pergudangan Anda. Anda juga dapat menggunakan software yang tepat untuk dapat membantu meningkatkan profitbilitas serta efisiensi usaha yang sedang dijalani.

Anda dapat mencoba menggunakan software pencatatan keuangan yang juga mempunyai banyak fitur untuk memantau stok Anda kapanpun dan dimanapun. Jadi, nantinya semua stok bisa dilihat dan diamati apakah ketersediaannya masih ada atau tidak.