5 Tips Menjaga Kualitas Barang dalam Penyimpanan Gudang

Selasa, 02 Maret 2021

5 Tips Menjaga Kualitas Barang dalam Penyimpanan Gudang
Mengelola barang di dalam jumlah banyak tentu saja tidak mudah. Sebagai sebuah solusi awalan, Anda juga harus mempunyai tempat untuk menyimpan barang tersebut, atau dapat dikatakan sebuah gudang. Selanjutnya, tugas Anda tentu saja memastikan mengenai keamanan agar mutu dan kualitas barang tetap terjaga dengan baik. Hal tersebut karena terdapat kecenderungan luput dari pengamatan karena beberapa barang memiliki sifat masif. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa hal agar kualitas dari barang tersebut tetap terjaga dengan baik.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas barang di dalam penyimpanan gudang tetap dalam kondisi baik. Yang terpenting sebenarnya adalah rutin dilakukan pengecekan barang-barang tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena berikut ada beberapa tips yang dapat Anda perhatikan jika ingin menjaga kualitas barang agar tetap baik:

Memperhatikan Kualitas Pengemasan

Untuk dapat menjaga keamanan dari barang tersebut, sebuah langkah awal yang dapat Anda lakukan tentu saja memperhatikan kualitas dari pengemasannya. Anda dapat menggunakan kardus ataupun kotak kayu yang diberi dengan lapisan styrofoam ataupun bubble wrap. Lalu, Anda dapat memberikan label tertentu agar nantinya memperoleh penanganan khusus. Contohnya saja, barang pecah belah menggunakan tulisan "fragile".

Menggunakan Palet yang Terbaik

Di dalam sebuah dunia logistik, peran dari palet ini begitu penting karena digunakan untuk menahan beban barang dengan berat yang bervariasi. Selain itu, juga digunakan sebagai sebuah alas untuk menjaga kebersihan. Biasanya palet ini terbuat dari kayu tetapi, ada juga yang menggunakan bahan plastik untuk mengantisipasi pengeroposan ataupun serangan rayap. Selain itu, kamu harus memastikan kebutuhan dan keadaan gudang agar penggunaan penyimpanan ini dapat tepat guna. Penggunaan dari palet untuk dapat menumpuk barang dapat membuat gudang menjadi lebih efisien. Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti menyimpannya jauh dari rak penyimpanan jika tidak digunakan. Kemudian, letakkan pada permukaan yang datar, menggunakan alat pengaman ketika bekerja dan jangan memanjat agar tidak terjadi resiko jatuh.

Memperhatikan Penyusunan Barang yang Bertumpuk

Agar penggunaan dari gudang semakin efisien, Anda dapat menuimpan barang tersebut dengan cara ditumpuk. Tetapi, ada hal yang harus diperhatikan jika Anda melakukan hal ini. Anda harus memastikan barang muatan tersebut tidak mengalami reaksi tertentu ketika berdekatan. Selain itu, Anda harus meletakkan beban yang paling ringan di bagian atas.

Tidak Menyimpan Barang Berbahaya Tanpa Izin

Sebuah barang yang berbahaya seperti zat kimia yang mudah terbakar, meledak ataupun bersifat korosif memang sangat beresiko saat disimpan di gudang. Jika Anda tidak mempunyai izin dari pihak yang terkait, ada baiknya jika Anda menghindari menyimpan barang tersebut. Jika terpaksa, pastikan untuk meningkatkan segi keamanan serta persiapkan peralatan khusus untuk dapat mengatasi berbagai kemungkinan buruk yang terjadi.

Memperhatikan Proses Pengambilan Barang

Di dalam proses pengambilan barang memang mungkin saja terjadi suatu kecelakaan sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi produktivitas usaha serta kualitas barang. Itu artinya, keselamatan pekerja juga menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan.

Penggunaan dari forklift di dalam proses pengambilan barang tentu saja sangat membantu. Namun, untuk dapat memperkecil angka kecelakaan, Anda harus memilih operator yang berpengalaman dan juga dianjurkan untuk mematuhi semua prosedur pekerjaan. Setelah itu, pada saat melakukan teknik pengangkatan barang secara manual, lakukan dengan benar agar tidak terjadi cedera otot ataupun tulang. Jika memungkinkan, ada baiknya jika menggunakan lift truck, troli ataupun pallet truck.

Jadi, itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas barang di dalam penyimpanan gudang. Dengan demikian, tentu saja semua barang Anda yang ada di gudang dapat terjaga kualitasnya dengan baik.