6 Tips Mengoptimalkan Manajemen Gudang untuk Bisnis Ritel

Kamis, 25 Februari 2021

6 Tips Mengoptimalkan Manajemen Gudang untuk Bisnis Ritel
Dalam setiap bisnis terdapat beberapa hal tertentu yang harus diperhatikan termasuk ketika Anda mengelola atau sedang merintis bisnis ritel Anda. Salah satu hal yang paling penting dalam bisnis ini adalah mengoptimalkan manajemen gudang yang menjadi kunci kelancaran dalam pengelolaan bisnis ritel tersebut. Namun, seringkali pemilik bisnis melewatkan beberapa hal penting saat harus mengoptimalkan manajemen gudang untuk bisnis ritel. Beberapa tips berikut ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai bagaimana Anda dapat mengoptimalkan bisnis ritel Anda. Selain itu, dibutuhkan juga pengembangan secara terus menerus agar bisnis Anda pun tetap dapat berjalan sesuai dengan perkembangan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Pemberian Kode dan Pemisahan Stok

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan dan akan sangat berpengaruh pada bagaimana manajemen gudang Anda dapat dioptimalkan sedemikian rupa adalah dengan melakukan pemberian kode dan juga pemisahan stok. Bisnis ritel Anda tentu butuh mengelola berbagai jenis barang yang akan sangat sulit dimonitor jika Anda tidak memberikan kode yang jelas untuk memantau jumlah barang yang ada di gudang. Anda juga harus memisahkan mana yang menjadi stok lama ataupun stok baru. Hal ini akan sangat membantu Anda terutama ketika Anda harus menjalankan prosedur FIFO atau First In First Out.

Peningkatan Kerapian dan Keamanan Barang di Gudang

Setiap tips yang akan Anda dapatkan di sini saling berhubungan satu dengan yang lainnya, dan sering kali harus Anda lakukan secara paralel untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satunya adalah dengan meningkatkan efisiensi di gudang Anda dengan meningkatkan keamanan dan juga kerapian tata letak gudang Anda. Hal ini merupakan salah satu dasar manajemen yang harus Anda terapkan karena jika tidak, akan sangat mungkin terjadi beberapa resiko seperti kecelakaan dan kehilangan yang berakibat pada kerancuan pada saat memantau stok di gudang Anda.

Penggunaan Manajemen Gudang dan Inventaris Otomatis

Dengan berkembangnya teknologi, Anda sudah dapat menggunakan software atau program yang dapat membantu Anda untuk mengelola gudang Anda dengan sistem otomatis yang lebih efisien. Dengan software yang tepat, Anda pun dapat langsung memantau ketersediaan barang di gudang Anda. Selain itu, data yang tersaji juga merupakan data real-time di mana karyawan Anda dapat memasukkan data dari manapun dan menyimpannya secara online sehingga Anda pun dapat langsung terhubung dengan data tersebut.

Pemisahan Item Barang sesuai Dengan Permintaan

Yang dimaksud dari pemisahan barang sesuai dengan permintaan adalah dengan memisahkan barang dengan tingkat permintaan yang tinggi ke tempat atau ke rak terdepan yang paling mudah dijangkau. Anda juga dapat meletakannya di tempat yang dekat dengan area pengepakan dan juga pengiriman sehingga ketika terjadi pemesanan oleh pelanggan, Anda pun dapat langsung melakukan proses pengepakan dan pengiriman dengan lebih cepat dan efisien.

Analisis Performa Manajemen Gudang

Mungkin Anda sudah melakukan beberapa usaha untuk meningkatkan efisiensi manajemen gudang ritel Anda. Meskipun begitu, selalu ada area di mana Anda dapat meningkatkan efisiensi. Inilah sebabnya, Anda harus selalu melakukan analisa performa manajemen gudang untuk mengetahui sejauh mana proses yang Anda terapkan mampu meningkatkan pengelolaan gudang Anda. Untuk itu, dibutuhkan analisa performa manajemen gudang ritel secara berkala atau terus menerus untuk dapat meningkatkan efisiensi manajemen gudang.

Penentuan Metode Pengambilan Barang yang Efisien

Satu lagi tambahan mengenai bagaimana Anda dapat mengoptimalkan efisiensi manajemen gudang ritel Anda adalah dengan menentukan metode yang paling tepat untuk melakukan pengambilan barang. Terdapat beberapa metode yang dapat Anda lakukan mulai dari batch picking, zone picking, cluster picking, ataupun wave picking. Anda dapat menentukan kira-kira manakah dari beberapa metode tersebut yang paling cocok dengan manajemen gudang yang Anda butuhkan.