Keunggulan Metode Class-based Perancangan Tata Letak Gudang

Senin, 01 Februari 2021

Keunggulan Metode Class-based Perancangan Tata Letak Gudang
Gudang merupakan salah satu bagian dari sebuah perusahaan yang sangat penting. Hal tersebut karena gudang ini sendiri merupakan sebuah tempat untuk menyimpan bahan baku ataupun beberapa bahan lain yang digunakan untuk produksi sebuah produk. Oleh karena itu, tata letak dari gudang harus benar-benar diperhatikan dengan baik agar lebih efektif. Banyak sekali pemilik perusahaan yang menggunakan bantuan dari perancang tata letak gudang agar lebih efektif dalam pengelolaannya.

Dalam perancangan tata letak gudang terdapat beberapa metode yang digunakan, salah satunya adalah metode class based. Yang merupakan sebuah metode atau kebijakan penyimpanan dengan membagi menjadi beberapa kelas sesuai jenis bahan baku yang ada di dalam gudang tersebut. Perbaikan dari sistem tata letak gudang sendiri biasanya dilakukan dengan memanfaatkan rak penyimpanan yang sudah tidak terpakai serta menggunakan metode ini. Tujuannya adalah untuk meminimalisir biaya dan jarak perpindahan bahan di gudang tersebut. Metode ini memiliki sistem hukum pareto, yang perlu memperhatikan level aktivitas gudang serta retrieval di dalam gudang tersebut.

Untuk tahapan dari perbaikan tata letak gudang menggunakan metode ini sendiri adalah terdiri dari pengelompokan bahan baku yang dilakukan secara sejenis berdasarkan dimensi dan spesifikasi bahan baku tersebut. Kemudian, menghitung frekuensi perpindahan material yang masuk serta keluar, kapasitas dari tempat penyimpanan serta jumlah dari tempat penyimpanannya. Selain itu, juga menghitung jumlah tempat penyimpanan.

Menggunakan metode class based sebagai perancangan tata letak gudang ini banyak dipilih oleh banyak pemilik perusahaan. Dengan demikian, tidak ada salahnya jika Anda mencoba metode satu ini untuk perancangan tata letak gudang milik perusahaan Anda. Selain itu, sebenarnya memiliki keunggulan tersendiri. Adapun beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Meminimalisir Waktu Perpindahan Bahan Baku

Bahan baku ini setiap harinya akan masuk dan keluar sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan sebagai bahan produksi. Oleh karena itu, menggunakan metode class based ini akan membantu pekerja Anda untuk meminimalisir waktu dari perpindahan bahan baku tersebut. Alasannya adalah karena setiap bahan baku akan dikelompokkan secara berbeda-beda dan lebih jelas. Dengan demikian, waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan setiap bahan baku akan semakin sedikit dan efisien.

Meminimalisir Biaya Perpindahan Bahan Baku

Tidak dapat dipungkiri jika dalam sebuah perpindahan bahan baku membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, dengan Anda menggunakan metode class based dalam perancangan tata letak gudang tersebut, biaya perpindahan tersebut dapat diminimalisir dengan baik. Dengan demikian, biaya besar yang harus dikeluarkan dapat ditekan secara maksimal.

Memberikan Data yang Jelas

Dalam sebuah perusahaan, semua data dari bahan baku yang masuk dan keluar harus diketahui secara jelas. Oleh karena itu, metode class based dalam perancangan tata letak gudang ini akan membantu Anda untuk lebih memperjelas semua data yang dibutuhkan mulai dari frekuensi perpindahan jumlah bahan baku yang masuk hingga jumlah tempat penyimpanan dan masih banyak lagi yang lainnya. Termasuk juga, semua biaya yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan bahan baku itu sendiri. Itulah beberapa keunggulan yang ada pada metode class based dalam perancangan tata letak gudang yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya metode ini merupakan gabungan metode dedicated storage dan juga randomized storage yang dibagi kembali menjadi beberapa kelas yang membuatnya lebih mudah dan efektif. Jadi, metode class based ini memang perlu dicoba untuk diterapkan saat perancangan tata letak gudang.