5 Tips Efektif Merancang Desain Tata Letak Gudang

Selasa, 26 Januari 2021

5 Tips Efektif Merancang Desain Tata Letak Gudang
Merencanakan suatu tata letak gudang adalah suatu hal yang penting dari sebuah usaha ataupun Warehouse Management System. Tujuannya adalah agar kegiatan di dalam gudang menjadi lebih efektif serta efisien. Jika dilihat dari sisi manajemen persediaan yang bertujuan untuk memenuhi pesanan konsumen, desain dari tata letak gudang akan mempermudah proses bisnis yang Anda jalankan.

Untuk dapat merencanakan tata letak gudang secara baik, tentu saja Anda harus mempunyai pemahaman yang baik mengenai apa saja yang harus dilakukan untuk dapat merancang gudang secara fungsional serta efektif. Ada beberapa tips yang dapat diperhatikan saat ingin merancang desain dari tata letak gudang. Apa saja? Inilah beberapa di antaranya:

Memaksimalkan Penggunaan Ruang

Menghitung secara cermat ukuran atau luas dari ruangan yang dapat dimanfaatkan dari setiap produk yang dimiliki. Biasanya, beberapa barang yang ada di gudang diklasifikasikan menjadi 4 jenis. Misalnya saja, bahan baku atau raw material, barang setengah jadi, barang yang harus diperbaiki serta barang jadi.

Empat jenis barang yang telah disebutkan tersebut biasanya dibagi menjadi dua, seperti barang yang disimpan sementara serta dioper ke bagian yang lain. Atau, dapat pula beberapa barang yang siap didistribusikan ke luar serta dikirimkan ke berbagai wilayah. Dengan demikian, pastikan untuk menghitung secara cermat apakah bahan baku tersebut membutuhkan luas yang lebih besar dibandingkan barang jadi atau sebaliknya. Selain itu, usahakan gudang tidak berlebihan dalam menyimpan barang. Jadi, beberapa barang yang tersimpan justru tidak berputar serta menimbulkan kerugian.

Memaksimalkan Penggunaan Alat-alat

Untuk menunjang kelancaran dari proses penerimaan serta pengiriman barang, tentu saja area docking kendaraan perlu didesain dengan seefisien mungkin. Anda dapat memasang dock door ataupun pintu gerbang muatan yang mana sesuai alat angkut yang keluar masuk. Jika alat angkut tersebut adalah truk, pastikan untuk tidak menggunakan dock door untuk mobil box.

Selain itu, pastikan untuk menambahkan dockboard atau jembatan penghubung lantai dock dan juga kendaraan angkutan agar dapat mempermudah perpindahan barang untuk diletakkan di gudang. Namun, sebelum beberapa barang diletakkan di gudang, pastikan mempunyai area bongkar muat dengan luas yang memadai.

Memaksimalkan penggunaan dari Tenaga Kerja

Suatu gudang biasanya mempunyai ruang kantor untuk dapat memonitor keluar masuknya barang dari gudang. Tidak banyak karyawan administrasi yang bekerja di sini karena memang yang diawasi adalah penerimaan dan juga pengeluaran barang. Tetapi, juga dibutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak untuk dapat mengatur bongkar muat dari barang tersebut.

Untuk dapat memaksimalkan penggunaan dari penggunaan tenaga kerja, tentu saja Anda dapat menggunakan sistem shift, kemudian penggunaan peralatan juga harus memadai, terlebih untuk mengangkut barang yang berasal dari area bongkar muat ke area penyimpanan. Misalnya saja, fork lift. Selain itu, pastikan untuk membuat area istirahat untuk supir serta pekerja bongkar muat.

Buat Rencana Implementasi

Anda dapat membuat rencana sedetail mungkin dari semua langkah yang dibutuhkan untuk mendesain tata letak gudang. Anda dapat mengelompokkan tugas menurut proyek, yaitu bangunan seperti rak pallet yang merupakan salah satu proyek, sedangkan membeli pallet racking bahan baku merupakan salah satu langkah di dalam proyek tersebut.

Uji Desain Tata Letak Gudang

Sebelum Anda meng-install suatu hal seperti rak pallet, Anda perlu berjalan untuk menyusuri gudang dan memastikan siap untuk semua yang akan diinstal. Anda dapat menggunakan masking tape untuk dapat menguraikan area kerja utama dan meminta karyawan untuk mensimulasikan pekerjaan pada saat yang sama.

Jadi, itulah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan ketika ingin membuat desain atau merancang tata letak gudang secara efektif dan efisien. Selain dengan memperhatikan kualitas serta kuantitas dari barang yang akan disimpan, tentu saja Anda perlu mempertimbangkan penggunaan dari peralatan modern serta menyediakan fasilitas pendukung untuk dapat menunjang kinerja dari para pekerja. Jadi, bisnis yang Anda jalankan juga akan dapat berjalan dengan lancar dan menguntungkan.