Manfaat Memiliki Gudang Luas di Zona Industri

Senin, 07 Desember 2020

Manfaat Memiliki Gudang Luas di Zona Industri
Memiliki gudang sudah menjadi salah satu kunci keberhasilan sebuah perusahaan yang bergerak di sektor produk. Meskipun tidak secara langsung berhubungan dengan proses produksi produk, nyatanya pengadaan sebuah gudang memberikan banyak kemudahan dan kepastian selama proses penyediaan material mentah hingga pendistribusian produk. Terlebih lagi, apabila gudang yang dimiliki berkapasitas besar dan berlokasi di zona industri. Di bawah ini, kita akan membahas berbagai manfaat menarik memiliki gudang luas secara umum dan khususnya di zona industri.

1. Biaya Transportasi Lebih Rendah

Gudang diperuntukkan untuk menyimpan material mentah produk yang akan digunakan dalam proses produksi, dan menyimpan stock hasil akhir produk untuk didistribusikan kepada end-user (konsumen). Memilih gudang di zona industri dengan akses mudah ke pusat produksi atau berbagai titik pasar memotong biaya transportasi secara signifikan. Tidak hanya ini berdampak pada biaya bahan bakar, toll, dan ijin-ijin terkait, tetapi juga menghindari banyak pungutan liar.

2. Stock Tersedia Lebih Cepat

Dengan lokasi gudang yang tidak jauh dengan pusat produksi, perusahaan tidak perlu khawatir akan kehabisan stock untuk memenuhi permintaan pasar. Begitu permintaan meningkat secara mendadak, perusahaan mampu berfokus pada waktu penyediaan material dan proses produksinya ketimbang menghabiskan waktu menunggu distribusi selesai.

3. Distribusi Lebih Cepat

Distribusi yang dimaksud lebih kepada pengiriman produk kepada titik-titik pasar yang ditargetkan. Kawasan industri umumnya terletak dekat dengan kota-kota besar dan pusat pasar yang masif. Pengurangan jumlah waktu distribusi membuat perusahaan lebih mudah menarik perhatian konsumen dengan ketersediaannya yang stabil di pasaran. Ini baik untuk product-awareness.

4. Kontrol Lebih Efektif

Umumnya, gudang yang berada di kawasan industri memiliki kantor cabangnya sendiri. Atau, beberapa kawasan industri menyediakan area khusus untuk perkantoran yang letaknya tidak jauh dari area pergudangan. Layaknya divisi lain di dalam perusahaan, divisi gudang kerap menghadapi tantangan dan masalahnya sendiri. Dengan lokasi yang dekat, pemegang wewenang dalam perusahaan dapat langsung mengunjungi gudang untuk inspeksi langsung demi pengambilan keputusan yang cepat.

5. Infrastruktur Kondusif untuk Industri

Gudang konvensional banyak terletak jauh dari kantor pusat yang terletak di kota besar. Ini akan menyusahkan banyak pihak karena jaraknya yang jauh dan tidak semua tempat memiliki infrastruktur yang mendukung aktivitas industri, seperti jalan tol atau bahkan jalan beraspal. Berada di kawasan industri juga baik untuk kenyamanan para pekerja karena kawasan industri selalu memiliki pusat kuliner bagi para pekerja di sekitarnya. Keamanan dan kenyamanan para pekerja menjadi lebih terjamin untuk performa kerja yang optimal.

6. Gudang sekaligus Kantor di Satu Lokasi

Sesuai dengan peruntukkannya di awal, gudang dapat dibuat memiliki kantor, entah sebagai kantor pusat atau kantor pembantu. Ini tentunya akan memberikan manfaat baik dari segi finansial hingga efektifitas kerja. Semua pihak akan merasa diuntungkan dengan proses satu atap seperti ini.

7. Investasi Jangka Panjang

Meskipun perusahaan tidak harus memiliki gudang di bawah namanya untuk mendapatkan berbagai manfaat di atas, perusahaan dapat menikmati manfaat lebih dengan membelinya sejak awal. Selain tidak perlu memikirkan biaya sewa lagi, gudang di kawasan industri selalu menanjak setiap tahunnya.

Begitu banyak manfaat yang dapat dinikmati perusahaan dengan memiliki gudang luas di kawasan industri. Secara umum, keberadaan gudang di lokasi yang strategis untuk akses dan kondusif untuk proses produksi membuat keseluruhan proses di perusahaan berlangsung lebih efektif dan efisien.