3 Cara Melindungi dan Membersihkan Gudang dari Hama

Selasa, 24 November 2020

3 Cara Melindungi dan Membersihkan Gudang dari Hama
Layaknya sebuah rumah, gudang juga membutuhkan perawatan, baik di dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Meskipun terdengar sepele, nyatanya masih banyak pelaku bisnis yang mengabaikan kebutuhan akan perawatan gudang. Alhasil, kondisi gudang yang tidak semestinya berpotensi merusak peralatan atau yang disimpan, dan dapat menimbulkan ketidaknyamanan/ bahkan penyakit bagi pekerja di sana. Gudang dan seisinya memiliki peran penting di dalam proses produksi. Jangan biarkan Anda kehilangan waktu atau bahkan uang karena keberadaan hama di gudang. Untuk mencegahnya, ikutilah 3 cara yang sudah kami buktikan keefektifannya.

1. Menjaga Kebersihan Gudang

Gudang yang terbebas dari hama, biasanya adalah gudang yang bersih. Mengingat banyaknya aktivitas produksi yang terjadi di gudang, berikut dengan banyaknya barang, alat dan pekerja yang hilir mudik di area ini, tentu menjaga kebersihannya bukanlah persoalan yang mudah. Untuk itu, dibutuhkan setidaknya divisi tertentu atau aturan menjaga kebersihan yang jelas yang dapat dikerjakan oleh siapa saja pekerja yang bekerja pada saat itu. Beberapa hal kecil tetapi efektif dalam menjaga kebersihan gudang yang dapat dilakukan secara harian adalah sebagai berikut:
  1. membersihkan (menyapu dan mengepel) lantai gudang di akhir jam kerja/ proses produksi
  2. menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan produk, alat dan setiap celah
  3. menjaga temperatur tetap stabil dengan penggunaan AC dengan tepat
  4. menjaga kelembaban tetap stabil dengan produk penghisap kelembaban
  5. meletakkan produk dengan rapi untuk mempermudah cek dan pembersihan
  6. memisahkan produk pangan dari barang lainnya
  7. memasang lampu/ penerangan yang cukup terang untuk pembersihan yang maksimal
  8. memberikan larangan makan, minum dan merokok di area gudang
2. Melakukan Sanitasi

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan proses sanitasi secara menyeluruh dan berkala. Meskipun disarankan untuk memanfaatkan ketersediaan jasa outsourcing untuk tugas ini, Anda tetap dapat mengelola pekerja untuk melakukannya. Inti dari proses sanitasi ini adalah pembersihan secara menyeluruh bagian-bagian berikut ini:
  1. atap/ langit-langit
  2. dinding
  3. rak/palet
  4. lantai
Untuk hasil sanitasi yang lebih optimal, terapkan strategi ini.
  1. jadwalkan proses sanitasi secara berkala
  2. keluarkan semua alat dan barang dari gudang saat proses sanitasi
  3. mulai proses sanitasi dari atas ke bawah
3. Melakukan Pencegahan dan Pembersihan Hama

Cara selanjutnya adalah dengan mencegah atau membersihkan hama apabila tanda-tanda keberadaan hama ditemukan di gudang. Untuk memulai cara ini, Anda perlu melakukan inspeksi di awal untuk melihat tanda-tanda keberadaan genangan air, jamur, atau hama seperti semut, rayap, kecoa, dan tikus. Apabila tanda-tanda tersebut ada, langsung bersihkan tempat yang terkena dampak dan sekitarnya, dan meletakkan barang-barang yang mencegah hama datang kembali, seperti:
  1. daun kemangi dan salam untuk mencegah rayap
  2. minyak esensial (essential oil) berkonsentrat tinggi untuk mencegah kecoa
  3. lada bubuk untuk mencegah tikus
Ketiga cara di atas tentunya bukan satu-satunya cara yang dapat Anda terapkan untuk melindungi dan membersihkan gudang Anda yang berharga dari hama. Namun, kami prioritaskan karena sifatnya yang mudah dilakukan sendiri oleh pekerja Anda dari divisi terkait. Kunci keberhasilan dari proses ini adalah melakukannya secara rutin dengan mengklasifikasikan tindakan pencegahan dan pembersihan ke basis harian, mingguan, bulanan atau semesteran. Selain itu, tentu saja opsi menggunakan jasa pihak ketiga juga dapat dipilih selama biayanya masih dapat masuk ke dalam biaya maintenance.