Manfaat Menyewa Gudang di Lokasi yang Strategis

Selasa, 17 November 2020

Manfaat Menyewa Gudang di Lokasi yang Strategis
Selama ini, Anda mungkin berpikir lokasi strategis adalah hal yang mutlak untuk pendirian kantor. Kantor adalah pusat aktivitas interaksi dari antar personal manajemen dan antara direksi/manajemen dengan pihak lain. Selain membawa fungsi praktikal, kantor juga membawa fungsi estetika dan menjadi 'muka' perusahaan. Selain kantor, apakah ada infrastruktur kantor yang juga penting? Infrastruktur itu tidak lain adalah gudang. Dianggap sebagai 'pintu belakang' sebuah perusahaan, nyatanya menginvestasikan dana lebih untuk menempatkan gudang di lokasi yang strategis membawa begitu banyak keuntungan, khususnya secara finansial. Apa sajakah itu? Kita akan membahasnya satu per satu disini.

Menekan Biaya Produksi

Dalam penentuan harga, biaya produk termasuk ke dalam komponen yang sangat menentukan. Pada banyak kasus, perusahaan kalah saing dalam memasarkan produknya akibat biaya transportasi yang terlalu tinggi. Ini biasanya diawali dengan jauhnya lokasi pengambilan bahan baku ke gudang, atau lokasi gudang ke titik-titik produksi. Apabila isu ini dapat diatasi, biaya transportasi menjadi lebih kecil yang mempengaruhi biaya produksi yang kecil dan akhirnya nilai jual yang bersaing.

Menghemat Waktu Distribusi

Menghemat waktu distribusi tidak hanya baik untuk meningkatkan produktivitas perusahaan tetapi juga baik untuk memastikan kondisi bahan baku yang diterima sebelum proses produksi. Apabila proses produksi membutuhkan bahan baku yang tidak awet, akan lebih baik memotong waktu yang diperlukan dalam pengantaran. Sehingga kondisi bahan baku akan tetap terjaga, kualitas produk baik, meminimalkan produk cacat dan akhirnya meningkatkan kepuasan konsumen dan profit.

Mempercepat Proses Stocking

Pada umumnya, permintaan produk di pasaran dapat diprediksi dengan memperhatikan kebiasaan penjualan sebelumnya atau dengan adanya liburan atau kejadian tertentu. Hanya saja, ada waktu-waktu dimana permintaan melambung tinggi secara tiba-tiba, contohnya saja permintaan masker di awal masa pandemi. Akan sangat disayangkan apabila perusahaan gagal memenuhi permintaan ini hanya karena ketidaksiapan gudang.

Mempermudah Kontrol

Berada di lokasi yang strategis, bukan tidak mungkin meletakkan gudang di dekat kantor, atau membuat kantor dan gudang di dalam satu bangunan. Ini akan sangat menguntungkan karena kontrol produk secara real time menjadi lebih mudah. Apabila terdapat masalah di gudang, pihak manajemen dapat langsung melakukan langkah yang tepat dan tidak berlebihan karena kondisi lapangan diketahui secara lebih aktual dan faktual.

Meningkatkan Pendapatan Perusahaan Jangka Panjang

Seperti dikatakan sebelumnya, gudang di lokasi yang strategis menjadi salah satu alasan mudahnya memberikan harga produk yang bersaing di pasaran. Mengingat konsumen Indonesia, terutama di masa pandemi, akan sangat selektif dengan harga barang yang dibelinya, faktor ini akan sangat menentukan kesuksesan pencapaian target penjualan. Semakin murah harga, semakin banyak dibeli, semakin banyak profit bagi perusahaan.

Sebagai Aset Investasi

Apabila dimiliki sendiri melalui pembelian, gudang adalah aset investasi yang menarik bagi perusahaan. Selain dapat menekan biaya sewa gudang yang masuk akal, perusahaan dapat meraih keuntungan selisih harga apabila memutuskan untuk menjualnya di kemudian hari.

Itulah setidaknya 6 keuntungan memberikan perhatian khusus pada gudang dengan meletakkannya di lokasi yang strategis, terlebih dekat dengan kantor. Apabila perusahaan Anda merupakan perusahaan produk, membeli sebuah gudang dekat dengan kantor atau pusat distribusi akan meningkatkan pendapatan perusahaan dalam bentuk profit jangka pendek dan nilai investasi dalam jangka panjang.