7 Tips Memilih Gudang Logistik

Senin, 07 September 2020

7 Tips Memilih Gudang Logistik
Memilih gudang logistik untuk bisnis tidak dapat sembarangan. Anda harus benar-benar memastikan berbagai faktor yang nanti dapat menunjang semua kebutuhan dan tujuan penggunaan gudang logistik tersebut. Berikut ini adalah 7 tips penting memilih gudang logistik.

Jenis Barang yang Disimpan

Anda harus menyesuaikan karakteristik barang yang akan disimpan. Mulai dari jenisnya, ukuran, volume, risiko dan lain-lain. Dengan memahami jenis barang yang disimpan, nanti Anda tidak akan kesulitan memilih gudang logistik dari faktor-faktor lainnya.

Cek Lokasi

Perhatikan di mana lokasi gudang tersebut. Hal ini juga berkaitan dengan risiko keamanan dan kecepatan jalur distribusi barang. Lebih baik prioritaskan lokasi gudang yang berdekatan dengan pabrik pengolahan.

Bangunan

Bagaimanakah bentuk bangunannya? Anda harus memastikan bentuk bangunan dan konstruksinya sangat aman dan tidak berpengaruh pada kualitas penyimpanan logistik.

Kredibilitas

Hal ini untuk memastikan reputasi dari pihak yang menyediakan gudang logistik itu. Sekaligus memberikan nilai tambah kepercayaan dan jadi pertimbangan penting ketika ada beberapa pilihan.

SDM

Bagaimana sumber daya manusia yang tersedia? Jangan sampai terjadi kerusakan atau menimbulkan risiko akibat faktor sumber daya manusia yang ternyata kurang kompeten dalam mengelola gudang logistik itu.

Pengembang

Anda harus memastikan mendapatkan pengembang atau developer terpercaya. Kenali rekam jejak pihak pengembang tersebut supaya Anda tidak kecewa di kemudian hari.

Perawatan dan Penyimpanan Barang

Yang juga harus dipastikan adalah cara perawatan dan penyimpanan barang di gudang logistik. Ini akan kembali pada poin pertama tentang jenis barang yang akan disimpan. Dengan menyesuaikan metode perawatan dan penyimpanan barang, stok Anda akan selalu aman.

Harga Gudang

Gudang logistik tidak dapat dipilih sembarangan, dan salah satu pertimbangan pentingnya adalah harga. Anda mungkin sudah menyiapkan anggaran tertentu untuk menyewa, membeli atau membangun gudang tersebut. Namun, semua pilihan itu harus dapat disesuaikan dengan angka rasional selama menjalankan bisnis Anda sendiri.

Itulah beberapa tips penting yang wajib Anda ketahui jika hendak memilih gudang logistik. Pastikan setiap poin Anda jalankan dengan tepat dan jangan sampai salah memilih gudang logistik.